Selasa, 27 Maret 2018

5 Cara Membuat Sambungan Las yang Kuat


5 Cara Membuat Sambungan Las yang Kuat



Mengelas merupakan teknik penyambungan besi dan logam yang biasa dilakukan dalam konstruksi bangunan, kerangka kendaraan baik laut, udara dan darat. Teknik mengelas yang baik memang perlu keahlian khusus dengan pengalaman yang baik dalam bidangnya. Pengelasan menggunakan las listrik atau las karbit harus tahu teknik dasar cara membuat sambungan las yang kuat, sehingga kualitas sambungan besi atau baja yang disambung akan menjadi kuat dan tahan lama. 


Agar kualitas pengelasan kamu kuat dan tahan lama, simak jenis sambungan las berikut ini :





1. Sambungan Las Sebidang


Jenis sambungan las ini merupakan cara menyambung las yang paling sederhana dan mudah dilakukan, karena kedua besi disejajarkan dalam posisi sama letaknya atau posisinya sehingga proses pengelasannya juga akan mudah dilakukan. Biasanya jenis penyambungan besi dengan teknik pengelasan ini digunakan untuk sambungan tiang besi penyagga.


2. Sambungan Las Lewatan



Pengelasan besi dengan posisi kedua permukaan benda saling menempel, namun kedua ujungnya tidak menempel. Biasanya jenis pengelasan ini digunakan untuk menyambung besi panjang, yang digunakan untuk menahan beban. 


​3. Sambungan Las Tegak 



Teknik pengelasan dengan sambungan las tegak, posisinya salah satu benda dalam posisi mendatar dan besi lainnya dalam posisi tegak. Jenis pengelasan ini juga sangat kuat digunakan karena biasanya jenis sambungan ini digunakan untuk tiang penyagga konstruksi.  


​4. Sambungan Las Sudut 




Cara menyambung besi dengan posisi kedua ujung benda membuat sudut 90 derajat, jenis sambungan ini sering digunakan untuk konstruksi atap, lantai dan juga berbagai jenis pekerjaan lainnya.  


5. Sambungan Las Sisi 



Jenis pengelasan ini kedua besi dilekatkan satu sisi dengan sisi lainnya terhubung sama rata, cara membuat sambungan las ini dimaksudkan untuk menyambung atau menggabungkan besi sehingga menyatu ke bentuk yang sama. Nah semua cara teknik membuat sambungan las diatas bisa dilakukan siapa saja yang untuk referensi berbagai cara membuat sambungan dengan mesin las.





PT. Sinartech Multi Engineering 
Jl. KL, Yos Sudarso 
KM 10.5 No. 50 Kota Bangun 
Medan Sumatera Utara Indonesia
(061) 42068877 / 42068231 
HP / WA : 0853-2020-2069 
Fax : (061) 42068877 / 4206823
OFFICE : 0853-2020-2065











Tidak ada komentar:

Posting Komentar